17 FKIP Universitas Negeri se-Indonesia Bertemu di Banten

17 FKIP Universitas Negeri se-Indonesia Bertemu di Banten

Sebanyak 17 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Negeri se Indonesia berkumpul di Banten dalam rangka mengikuti kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal. Acara ini bertujuan untuk membentuk standar terkait bagaimana mengelola jurnal ilmiah di lingkungan FKIP masing-masing universitas.

“Kita ingin agar jurnal-jurnal di FKIP negeri se Indonesia ini maju dan kalau bisa disetarakan semuanya minimal secara nasional,” jelas Ketua Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se Indonesia Sofendi usai pembukaan acara di salah satu hotel Kota Serang, Senin (23/4//2018).

Karena masih beragam, kata dia, ada yang secara kuantitas banyak mengelola jurnal dan terdapat pula yang masih minim jurnal. Hasil dari workshop tersebut, akan ditindaklanjuti secara menyeluruh di seluruh FKIP di Indonesia.

“Harapannya nanti akan muncul jurnal-jurnal di FKIP se Indonesia

dan juga artikel serta semangat dosen untuk berkarya semakin banyak hingga perkembangan jurnal di Indonesia semakin signifikan,” tutur Sofendi.

Saat ini, kata dia, Indonesia mengalami peningkatan jumlah jurnal melebihi beberapa negara tetangga, namun secara presentase belum diketahui pastinya, akan tetapi ada kemungkinan besar FKIP menjadi salah satu penyumbang terbesar dikarenakan rata-rata fakultas terbesar di universitas negeri, adalah FKIP.

“Rata-rata setiap prodi satu jurnal, ada 30 FKIP negeri se Indonesia dan jika 10 saja sudah mengeluarkan jurnal, maka akan terdapat 300 jurnal, namun untuk saat ini ditargetkan 500 jurnal,” tambahnya.

Untuk mencapai target tersebut, menurutnya, maka akan diupayakan beberapa strategi,

seperti memberdayakan dosen muda serta mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhirnya.

“Dalam Permenristekdikti sendiri, terdapat standar dalam mengelola jurnal dan terdapat pula istilah akreditasi, diharapkan dengan workshop ini akan mampu membuat semua jurnal terakreditasi, bahkan secara internasional,” harap dia.

Dekan FKIP Untirta Aceng Hasani mengatakan, saat ini FKIP Untirta sudah memiliki 13 jurnal

yang terdaftar di Directory of Open Acces Journal (DOAJ) dan ada dua jurnal yang didaftarkan untuk terindeks dalam Scopus. Dua jurnal tersebut sudah mendapat reviewer dari lima negara lain.

 

Baca Juga :

Wardan Pendidikan