Air Minum Bisa Dihasilkan dari Udara

Air Minum Bisa Dihasilkan dari Udara

 

Sebuah perusahaan di AS mengembangkan alat yang bisa mengubah udara menjadi air minum. Perangkat ini sangat berguna, jika berada di wilayah dengan cuaca sangat panas dan hanya tersedia sedikit air.
Perangkat yang sangat ramah lingkungan ini dapat mengubah udara menjadi 13 liter air bersih dalam sehari. WaterMill memiliki kemampuan sebagai AC masa depan, sekaligus mampu mengembunkan udara, menfilter dan mensterilkan air yang dihasilkannya.

Dengan harga US$ 1.299, mesin seberat 22 Kg ini bukanlah perangkat yang terbesar, sebagai penghasilan air dari atmofer. Namun memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di rumah, sekaligus lebih ramah lingkungan dibandingkan menyediakan air minum dalam botol plastik kemasan.

Perusahaan bermarkas di British Columbia, Element Four akan memasarkan WaterMill sebagai perangkat yang harus dimiliki rumah tangga mulai tahun depan.

“Mesin ini memiliki kepandaian. Mesin ini tahu di mana posisinya, karena akan mengamati lingkungannya dalam tiga menit. Dan akan beradaptasi,” kata Jonathan Ritchey, inventor WaterMill dan presiden Element Four.

Cara kerja alat ini adalah membuat kondensasi dari pendinginan udara sehingga menghasilkan air. Kemudian air disaring menggunakan filter karbon untuk menghasilkan air hingga benar-benar bisa diminum.

“Kami mendesain mesin yang tahu kapan filternya harus diganti. Jika tidak diganti, maka mesin akan berhenti bekerja untuk meyakinkan air yang dihasilkan tetap bersih,” kata Ritchey.

Baca Juga :

Wardan Pendidikan