Belanja TI tahun ini turun 2,7 persen karena pelemahan ekonomi

Belanja TI tahun ini turun 2,7 persen karena pelemahan ekonomi

Belanja atau pengeluaran teknologi informasi (TI) di seluruh dunia tahun ini diperkirakan turun 2,7 persen karena melemahnya ekonomi global akibat pandemik virus baru COVID-19.

COVID-19 yang berdampak pada ekonomi global direspons banyak organisasi dengan perencanaan kontinjensi dan pemangkasan pengeluaran jangka pendek, menurut perusahaan riset IDC dalam laporannya.

Sejalan dengan resesi ekonomi sebelumnya, belanja TI untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan TI cenderung menurun dalam persentasi lebih besar dari PDB riil secara keseluruhan, karena pembeli dan konsumen TI komersial menerapkan pemotongan cepat untuk belanja modal sejalan dengan penurunan pendapatan, laba, penilaian pasar, dan jumlah karyawan.

Baca juga: Ponsel terlaris kuartal I 2019: Samsung teratas, Huawei ungguli Apple

Baca juga: Cloud ikut mendorong pertumbuhan investasi teknologi industri finansial

“Keseluruhan pembelanjaan TI akan menurun pada tahun 2020

, meskipun permintaan dan penggunaan meningkat untuk beberapa teknologi dan layanan oleh masing-masing perusahaan dan konsumen,” kata Stephen Minton, wakil presiden program dalam kelompok Customer Insights & Analysis IDC.

“Bisnis di sektor ekonomi yang paling terpukul selama paruh

pertama tahun ini akan bereaksi dengan menunda beberapa pembelian dan proyek, dan kurangnya visibilitas terkait dengan faktor medis akan memastikan bahwa banyak organisasi mengambil pendekatan yang sangat hati-hati ketika datang ke perencanaan kontinjensi anggaran dalam waktu dekat.”

Berdasarkan perkiraan IDC Maret, pengeluaran TI 2020 akan turun 2,7 persen, lebih besar dari pelemahan PDB dunia yang hanya turun 1,7 persen.

Penurunan belanja besar-besaran tahun ini sekarang diperkirakan terjadi pada PC

, tablet, ponsel, dan periferal dengan keseluruhan pengeluaran perangkat diperkirakan menurun sebesar 8,8 persen dalam mata uang konstan.

 

Baca Juga :

Wardan Teknologi