Bocah Kelas 1 SD Jadi Penampil Pertama Festival Dalang Cilik

Bocah Kelas 1 SD Jadi Penampil Pertama Festival Dalang Cilik

Davin Mahatma, siswa kelas 1 SD di Yogyakarta menjadi penampil pertama di Festival Dalang Cilik

(FDC) VII yang digelar Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari ini (1/5). Meski masih kelas 1 SD, bocah ini tampak lincah memainkan wayang kulit, yang diiringi alunan gamelan merdu. Suara tembangan Jawanya pun menggelegar di panggung FDC VII di halaman gedung MPI UNY. Pada penampilannya, Davin membawakan lakon Cupumanik Astagina.

Pada FDC hari pertama hari ini, juga ada nama dalang Cilik berbakat Tahta Hari Murti.

Siswa SMPN 4 Depok Sleman itu tercatat telah menggelar 70 kali pentas mendalang selama karirnya. Tahta juga telah menorehkan beragam prestasi pada festival dalang cilik baik lokal maupun nasional. Pada FDC VI MPI UNY tahun lalu, Tahta juga tercatat sebagai peserta.

Tidak hanya dalang putra, FDC tahun ini juga diikuti dalang putri. Baik Astri Putri maupun Kanestren tak boleh diragukan kelincahannya mendalang meskipun keduanya adalah dalang putri.

FDC MPI UNY hari pertama diikuti 9 peserta. Mereka adalah Davin Mahatma,

Tahta Harimurti, dan Rifki Adi Wijaya, dan NGO Damai dari Kabupaten Sleman. Sementara, Kota Yogyakarta mengirimkan B. Astri Putri. N., Ferdiawan W, dan Aditya Sandhi S,. Sedangkan Kanastren N.D., dan M. Arya Kameswara, berasal dari Kota Surakarta. Secara keseluruhan FDC VII diikuti 45 dalang cilik dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari keseluruhan peserta, sebanyak 27 peserta kategori SD, dan 18 kategori SMP. Untuk kategori SMP, masing-masing peserta mendapat waktu 45 – 55 menit. Sedangkan SD hanya mendapat waktu 35 – 40 menit.

 

Baca Juga :

Wardan Pendidikan