BROWSING DAN CARA IDENTIFIKASI INTERNET

BROWSING DAN CARA IDENTIFIKASI INTERNET

Cara- cara melakukan browsing:
A. Langkah – langkah yang di lakukan :
1. Buka salah satu internet browser, misalnya Internet Explorer , Mozzila Firefox atau Opera. Sebagai kasus misalnya kita pakai Mozilla Firefox. Klik 2 kali Mozilla firefox di desktop komputer anda dan akan muncul satu window .
2. Pada window tersebut ketik alamat website yang akan anda tuju pada kotak address; misal: www.era-akses.net 3. Lakukan hal yang sama terlebih dahulu apabila Anda ingin melakukan pencarian website di internet dengan menggunakan search Engine, Ada bermacam- macam search engine di internet salah satunya adalah www.google.com
B. Cara mudah untuk browsing dengan situs yang sulit di hapalkan
1. Gunakan Favorites atau Bookmarks
Pada browser internet yang anda gunakan ada menu diatas layer anda yang bernama favorites atau bookmakrs, simpanlah alamat URL website yang anda ikuti tersebut dan pastikan untuk selalu mengakses website tesebut kembali melalui menu favorites. Ini dimaksudkan untuk menjamin website yang Anda masuki adalah benar- benar website bisnis internet yang anda ikuti, sebab banyak upaya pencurian username dan password, dengan cara membuat website palsu yang sama persis dengan aslinya, dengan menggunakan URL yang mirip dengan aslinya. Jika dalam melakukan aktifitas anda menemukan kejanggalan yaitu tampilan halaman yang berubah dan koneksi terputus lalu muncul halaman yang meminta anda memasukkan username dan password, maka sebaiknya anda keluar dari browser (Exit) kemudian buka kembali dan masuk ke website tersebut hanya melalui favorites atau bookmarks anda, baru mulai dari awal dengan login memasukkan username dan password anda

2. Fungsi Bookmarks
Bookmark berfungsi sebagai penanda (marker) persis seperti pembatas buku atau pita yang terdapat dalam Alkitab. Dengan bookmark Anda bisa menandai bagian-bagian yang penting sehingga di lain waktu Anda bisa dengan cepat kembali ke bagian tersebut. Untuk memasang bookmark pada bagian yang sedang Anda baca, Anda tinggal klik kanan untuk membuka menu popup dan memilih menu “Bookmark”, atau lebih cepat lagi, cukup dengan menekan kunci Z pada keyboard. Maka akan terbuka kotak dialog “Pengaturan Bookmark”. Tekan tombol “Tambah Bookmark” untuk menyimpan bookmark Anda. Lain kali jika Anda membutuhkannya, cukup tekan kunci F5 atau icon kelima dari kiri pada toolbar. Pilih bookmark yang Anda cari dan tekan “Menuju Ke Bookmark”.

3. Cara Memasukkan URL website ke dalam FAVORITES dan BOOKMARKS
Setelah anda menemukan website atau halaman yang menarik pada suatu website, bookmark biasanya dilakukan sesuai dengan browser (program untuk browsing) yang biasa Anda gunakan, Sebagai contoh ada 3 browser yang akan kami jelaskan caranya: Progran untuk browsing dan cara menyimpang di bookmark
a. Untuk Pengguna Internet Explorer ( IE )
Klik pada menu FAVORITES, kemudian klik “Add to favorites,” lalu berikan nama pada isian “Name,” kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada jendela “Create in:,” jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik “New Folder,” setelah sesuai lalu klik OK.
b. Untuk Pengguna FireFox
Klik pada menu BOOKMARKS, kemudian klik “Bookmark thispage,” lalu berikan nama pada isian “Name,” kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada kotak “Create in:,” jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik pada kotak kecil bertanda segitiga di sebelah kanan untuk memperbesar jendela, kemudian klik “New Folder,” setelah sesuai lalu klik OK.
c. Untuk Pengguna Opera
Klik pada menu BOOKMARKS, kemudian klik “Bookmark page,” lalu berikan nama pada isian “Name,” kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada kotak “Create in:,” jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik “New Folder,” setelah sesuai lalu klik OK.identifikasi internet eksplorer
Elemen pada jendela Internet Explorer antara lain :
 Tittle bar (baris judul)
 Menu bar
 Address (kotak alamat)
 Tool menu
 Scroll bar
 Tombol restore
 Tombol minimum
 Tombol close
Search Engine
(Menemukan Informasi dengan Mesin Pencari)
Pada umumnya mesin pencari atau search engine berfungsi sebagai media pencari website-website yang kita inginkan tanpa harus mengingat nama website atau domainnya.kita cukup mengetikkan kata kunci pada search engine maka kita akan menemukan web yang kita cari.contohnya yaitu apabila kita ingin mencari web tentang “National Treasure The Movie”, maka kita cukup menuliskan kata kunci “Natinal Treasure the Movie” pada search engine, lalu akan muncul urutan tampilan di dalam halaman internet sesuai dengan sering tidaknya web tersebut diakses atau berdasarkan kemiripan terdekat dengan kata kunci yang ditulis pada search engine.
Banyak sekali situs yang berfungsi sebagai mesin pencari di internet saat ini, diantaranya adalah
 www.yahoo.com,
 www.google.com,
 www.catcha.co.id,
 www.hotbot.com,
 www.incari.com,
 www.excite.com,
 www.searchindoensia.com,
 www.looksmart.com,
 www.naver.co.id,
 www.altavista.com
 www.livesearch.com
 www.webcrawler.com
 www.msn.com
 dan masih banyak yang lainnya.
Diantara sekian banyak mesin pencari, kami sarankan anda menggunakan www.yahoo.com atau www.google.com, karena situs ini lebih padat informasi dan selalu diupdate. Adapun cara menggunakan mesin pencari ini adalah sebagai berikut ; (kita gunakan www.google.com untuk mencari informasi tentang Program Ekstensi).

Baca Juga :

Wardan Pendidikan