Definisi Sistem Akuntansi

Definisi Sistem Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Akuntansi dapat diartikan sebagai bahasa bisnis untuk mengkomunikasikan aktivitas keuangan yang dilakukan oleh manajemen kepada pihak pihak di luar organisasi. Fess dan Warren (1990;7) menyatakan akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi yang memungkinkan pengambilan keputusan oleh pengguna. Proses disini mengandung pengertian rangkaian kegiatan yang harus dilakukan. Sistem akuntansi tidak dapat dilepaskan dari definisi akuntansi sebagai alat komunikasi bisnis.
Fess dan Warren (1990: Glossary-1) menyatakan sistem akuntansi adalah sistem yang dapat menyajikan informasi untuk digunakan dalam hubungan bisnis dan pelaporan kepada pemilik, kreditor, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Dalam hubungannya dengan penyediaan informasi, sistem akuntansi dapat disebut atau sama dengan sistem informasi akuntansi.

Sebagaimana diuraikan di atas

Informasi keuangan ditujukan kepada pihak ekstern dan pihak intern organisasi. Untuk menyediakan informasi ini, penyaji membuat suatu sistem informasi yang dapat menghasilkan laporan keuangan untuk pihak luar dan informasi lainnya yang dibutuhkan manajemen.

Boockholdt

Sedangkan Boockholdt (1991:5) menyatakan system akuntansi adalah sistem yang bertujuan untuk mencatat, memproses dan melaporkan transaksi yang lalu sesuai dengan GAAP disebut sistem informasi akuntansi keuangan (financial accounting information sistem). Selanjutnya dikemukakan Boockholdt (1991:5) Financial accounting information sistem merupakan bagian dari managerial accounting information sistem. Managerial accounting information sistem menghasilkan laporan untuk memenuhi kebutuhan pihak intern dan ekstern organisasi.

Tujuan pelaporan

Untuk tujuan pelaporan ekstern digunakan metode akuntansi sesuai dengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principle – Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU)), sedangkan untuk tujuan pelaporan intern digunakan metode yang diinginkan manajemen. Dari pendapat di atas sangat jelas bahwa sistem akuntansi merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan manajemen untuk menyajikan informasi yang diperlukan oleh pihak-pihak di luar organisasi sesuai dengan prinsip akuntansi berlaku umum.
Artikel terkait :
Wardan Uncategorized