Hari Pertama UNBK SMK Relatif Lancar, Sejumlah Pengaduan Bisa Langsung Teratasi

Hari Pertama UNBK SMK Relatif Lancar, Sejumlah Pengaduan Bisa Langsung Teratasi

Hari pertama UNBK SMK berjalan relatif lancar, meskipun ada sejumlah pengaduan

diterima oleh tim Helpdesk UNBK SMK/SMA. Sebagian besar pengaduan adalah soal masalah teknis, sedangkan soal kebocoran soal, sama sekali tidak ada pengaduan.

Dalam rangka menyukseskan UNBK 2018, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat membuka posko (helpdesk) untuk menerima pengaduan seputar pelaksanaan UNBK SMK/SMA di Jawa Barat. Bertempat di Seksi Perencanaan dan Evaluasi pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Jl. Dr Radjiman No. 6.

Koordinator Helpdesk UNBK SMK/SMA, Endri, mengungkapkan pengaduan terbanyak

berasal dari pengaduan teknis yaitu masalah listrik yang sering terputus secara tiba – tiba. Akan tetapi heldesk provinsi sudah berkoordinasi dengan mengirim surat kepada PLN agar meminimalisir gangguan teknis tersebut.  Hal yang bersifat teknis seperti human error atau gangguan lain sudah bisa ditangani.

“Jika menyangkut kebijakan, maka Helpdesk UNBK di Kota/Kabupaten akan berkomunikasi dengan Helpdesk Provinsi untuk musyawarah,” ungkap Endri. Menurut dia, gangguan hal – hal yang sifatnya biasa dapat diselesaikan 1 sampai 5 menit setelah pengaduan tersebut masuk ke helpdesk. “Kecuali listrik mati akan dilanjutkan pada sesi berikutnya dari jumlah 2 sesi yang ada,” ujarnya.

Benny, salah seorang panitia Helpdesk Provinsi Jawa Barat mengungkapkan gangguan teknis

sering terjadi pada daerah rawan gangguan cuaca seperti Subang, Ciamis , Kuningan. Sejauh ini kendala ada di listrik kena petir atau hujan dengan intensitas besar. “Diluar itu pelaksanaan UBNK berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti,” tandasnya.

Sementara itu, tingkat kecurangan UNBK SMK dapat dikatakan sangat tipis. Bahkan bisa dibilang tingkat kebocoran soal 0 persen, karena menggunakan aplikasi dengan tingkat keamanan sangat tinggi sehingga tidak memungkinkan di curangi dalam waktu satu hari, tutup Benny.***

 

Sumber :

https://mlhosting.nu/discourse-we-are-intensifying-efforts-to-improve-our-teachers/

Wardan Pendidikan