Huawei P40 akan Jadi Smartphone Pertama dengan HarmonyOS

 

Huawei P40 akan Jadi Smartphone Pertama dengan HarmonyOS
Huawei P40 akan Jadi Smartphone Pertama dengan HarmonyOS

Di sela-sela gelaran Huawei Developer Conference 2019 di Cina, Huawei telah mengumumkan sistem operasi

multi-platform yang dikembangkannya dan datang dengan sebutan HarmonyOS. Huawei juga mengatakan bahwa OS-nya itu tidak dimaksudkan untuk smartphone dan saat ini fokus pada perangkat smart home.

Hal ini sekaligus menjawab rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa Mate 30 Lite akan berjalan dengan HarmonyOS. Bahkan para petinggi Huawei telah mengungkapkan bahwa sementara ini Huawei akan tetap menggunakan sistem operasi Android untuk smartphone-nya.

Namun, jika larangan terhadap Huawei ini diberlakukan, akan ada peralihan sesegera mungkin ke HarmonyOS.

Sekarang, Richard Yu, CEO Huawei telah mengatakan dalam wawancara media bahwa jika situasinya tidak berubah dengan pemerintahan AS, Huawei akan mulai menggunakan HarmonyOS.

Ya! Richard menegaskan bahwa hal ini akan dimulai dengan smartphone Huawei P40 yang akan meluncur di tahun depan. Ia juga telah meyakinkan bahwa HarmonyOS sekarang ini siap untuk smartphone, tetapi perusahaan sedang menunggu untuk melihat apakah situasi dengan Amerika Serikat akan berubah atau tidak.

Selain itu, Richard juga menegaskan bahwa App Store yang dikembangkan oleh Huawei yang bernama “App Galery” juga sudah siap. Selain itu, “Huawei Mobile Services” juga sudah siap untuk menggantikan layanan yang dimiliki oleh Google. Ya! Pengembangan tampaknya masih sejalan dengan rencana perusahaan.

Bulan lalu, Huawei sendiri mengatakan bahwa mereka di tahun ini tidak memiliki rencana untuk meluncurkan smartphone dengan sistem operasi HarmonyOS. Mereka ingin tetap mempertahankan ekosistem tunggal dan tetap dengan platform Google.

HarmonyOs sendiri digadang-gadang oleh Huawei sebagai “OS tunggal yang mencakup segalanya, dan bekerja

 

dengan semua jenis produk.” Sistem operasi ini dirancang untuk berkomunikasi secara terbuka terlepas dari perangkat, dan dengan menggunakan sistem microkernel, Huawei mengatakan HarmonyOS aman untuk perangkat berbasis IoT.

Selain itu, dengan Huawei Ark Compiler, bahasa pemrograman dapat diterjemahkan sehingga aplikasi dapat bekerja dengan HarmonyOS, dan itu termasuk aplikasi Android. Tentu saja ini akan menyederhanakan adopsi untuk pengembang pihak ketiga.

Sumber:

https://s.id/eK9uW

Wardan Teknologi