Kasek SD Bahas Kurikulum Modern

Kasek SD Bahas Kurikulum Modern

Pendidikan memiliki peran penting untuk menyiapkan SDM untuk menghadapi kompetensi bebas.

Namun, jangan dulu bermimpi menciptakan SDM yang baik jika tidak ditopang dengan baiknya tenaga pendidik.

Menyikapi hal itu, Kepala SD se-Kota Bandung kemarin menghadiri acara School Headmaster Gathering yang mengusung tema Constructing Goals in Modern Curiculum. Wawan Gunawan MA PhD, dosen Bahasa Inggris dari Upi, dan juga Ali Aljufri, trainer dari komunitas pelatihan pendidikan XPDC (eXperience Professional Development Community) menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Menurut Wawan, ke depan tenaga pendidik dan manajemen sekolah harus mampu mengajar

dan mendidik dari setiap aspek kehidupan sebagai bahan ajaran. ’’Itu kunci ketangguhan anak saat belajar bahkan saat terjun ke masyarakat, dan langkah ini harus dilaksanakan sedini mungkin dari sekolah dasar,’’ jelas dia.

Selain itu, komunitas XPDC menawarkan program workshop yang mengajarkan kepala sekolah dasar se-Bandung dalam melakukan pendidikan modern. ’’Semua berawal dari kepala sekolah, jika kepala sekolah memiliki sifat leadership yang kuat maka akan berpengaruh pada guru dan juga murid,’’ ujar Ali.

Workshop yang ditawarkan XPDC bukan hanya sekedar mengembangkan kualitas pendidikan,

namun juga meningkatkan karakter dari tenaga pengajar melalui kewirausahaan. ’’Kita ajarkan kewirausahaan dari nol, program ini akan membangun karakter tenaga pengajar,’’ tambahnya.

Selain itu, workshop tersebut juga mengajarkan teknik mengajar dalam pendidikan modern dan juga pendekatan holistik untuk sekolah dasar.

 

Baca Juga :

Wardan Pendidikan