Kwarcab Pramuka 0314 Tetapkan 32 Pramuka ke Jamnas Cibubur

Kwarcab Pramuka 0314 Tetapkan 32 Pramuka ke Jamnas Cibubur

Kontingen Pramuka Payakumbuh menuju Jambore Nasional di Cibubur Jakarta

, 14-21 Agustus 2016, total 32 pramuka terbentuk. Pembentukan kontingen Jambore Nasional itu, dilakukan  Kwartir Cabang 0314 Gerakan Pramuka Payakumbuh, melalui seleksi daerah, yang dilakukan di halaman Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, selama tiga hari, Jum’at sampai Minggu (11-13/3). Untuk selanjutnya, ke-32 pramuka akan memasuki pemusatan latihan, sebelum bertolak ke Cibubur, selama empat bulan.

Sekretaris Kwarcab 0314 Pramuka Payakumbuh, Iwan, SE, menginformasikan,  seleksi pembentukan kontingen Jambore Nasional dilakukan secara berjenjang. Tahap I dilakukan Fabruari lalu, dengan pemeriksaan administrasi peserta yang diajukan sekolah. Tercatat 110 peserta yang ambil bagian dari 12 Gudep SD dan SLTP.

Masih seleksi tahap pertama, dilakukan pendalaman administrasi peserta, sekaligus

menguji kemampuan peserta dalam teknik kepramukaan dasar (tali temali dan PBB, di SMKN 2 di Bulakan Balai Kandi, 5-6 Maret lalu. Dari 110 peserta, hanya 80 Pramuka yang berhak masuk ke seleksi tahap II. Sisanya, 30 Pramuka lainnya, terelemininasi.

Pada seleksi tahap kedua, tim penilai Kwarcab 0314 Pramuka Payakumbuh, seperti Iwan Lahong,  Syafruddin, Yurnita Sitepu, Wisma Diandra, Junaidi, Lukman, Syawal Maiputra, Upit dan Iwan, menguji kemampuan peserta lebih komperehensif. Dilakukan pada tiga lokasi, di Sekretariat Kwarcab, di SMKN 2 dan di Balaikota Payakumbuh.

Kemampuan pramuka yang diuji, di antaranya,  PBB, tali temali, pengetahuan kepramukaan, semaphore, sandi, peta pita, peta perjalanan, laporan perjalanan, lagu wajib, hymne pramuka, pemahaman kode  kehormatan gerakan pramuka, do’a dan ayat pendek, halang rintang, membaca kompas dan imtaq serta ketahanan fisik.

Hasilnya, ke 32 pramuka yang lolos itu adalah; di bagian putera, M. Abd Ghani, M. Fatan Mubin

dan M. Afif Akbar (SMPN 1), Agung Ramelan, Fikril Azhim dan Ferdana Ilham Putra (SMPN 2), Fachri Al Azizi Putrandi, Fadli Putra Sutrisno Nanico, Al Hafiz Maulana dan Rangga Alfinda (SMPN 4), M. Afif Ghufran (Ponpes Syekh Ibrahim Harun), M. Aqiel Alfisyah (SMP RJ),  Alhuda Hartas Sutami, M. Ghazi Rafila, Fatih Muhammad Mier dan M. Fikri Halim (SDI RJ).

Di bagian puteri masing-masing; Ayu Adina, Insanillaiha Audia Fajar dan Afikatul Awaliyah (SMPN 1), Annisa Safira, Intan Fadillah (SMPN 3), Maulina Salsabila, Elyana Maharani, Inggit Restu Ilahi dan Rosita Asmakalbu (SMPN 4), Laurencia De Richo dan Fuji Indah Sari Ivo (MTsN), Putri Wini (Ponpes Syekh Ibrahim Harun), Ananta Khaisya Indriyani dan Wyndi Sabila Fatharani (SDN 26) Salsabila dan Lathifah Yovinda

 

Baca Juga :

Wardan Pendidikan