Macam Limbah Dan Sumber Limbah Serta Dampaknya

Macam-Macam Limbah

Macam-Macam Limbah

Berdasarkan sifatnya, limbah dibagi atau dikelompokan menjadi dua, yaitu :

1. Limbah Organik
Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob. limbah organik mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya.

2. Limbah Anorganik
Limbah ini terdiri atas limbah industri atau limbah pertambangan. limbah anorganik berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat di uraikan dan tidak dapat diperbaharui, contohnya botol plastik, tas plastik, kaleng.

Sumber Limbah dan Contohnya

A. Limbah Domestik
Limbah domestik adalah limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga atau pemukiman penduduk dan tempat usaha seperti pasar, restoran dan perkantoran. contoh limbah yang dihasilkan oleh tempat-tempat tersebut adalah sisa makanan, kertas, kaleng, plastik, air deterjen dan tinja.

B. Limbah Industri
Limbah industri adalal limbah buangan hasil industri atau pabrik, contoh limbah yang dihasilkan oleh industri adalah, air bekas produksi, bahan-bahan sisa, limbah gas, polusi udara dari asap, barang bs atau tidak layak jual.

C. Limbah Pertanian
Limbah pertanian adalah limbah yang berasal dari proses pertanian, limbah pertanian biasanya berupa senyawa anorganik dari bahan kimia yang digunakan untuk kegiatan pertanian. contoh dari limbah pertanian adalah, pupuk, pestida, sisa-sisa tumbuhan dan lain sebagainya.

D. Limbah Pertambangan
Limbah pertambangan adalah limbah yang berasal dari kegiatan pertambangan, kandungan limbah ini terutama berupa materi tambang, seperti logam dan batuan.

Dampak Pencemaran Limbah

Setiap hari dalam kehidupan kita tidak pernah jauh dari yang namanya limbah, dari limbah organik ataupun limbah anorganik. nah, dari sekian banyak limbah yang dihasilkan, tentu kalau tidak ditangani secara serius akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia, contohnya sebagai beirkut.

– Gangguan pencernaan seperti diare
– Tifus
– Keracunan akut dan keracunan kronis
– Jamur pada kulit
– Sesak napas
– Gangguan saraf

 

Sumber : https://www.ram.co.id/

Wardan Pendidikan