Pengelolaan Limbah Serta Karakterisiknya

Pengelolaan Limbah

Pengelolaan Limbah

Pengolahan atau pengelolaan limbah adalah proses penghilangan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga baik limpasan maupun domestik. pengolahan limbah dilakukan untuk mencegah penumpukan limbah yang semakin hari semakin tinggi, sehingga tidak mengganggu lingkungan dan kehidupan manusia. ada beberapa cara penanganan limbah yang sudah dilakukan, yaitu :

1. Daur ulang
Daur ulang limbah atau proses menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah. daur ulang juga dapat mengurangi penggunaan bahan baku yang baru yang mana nantinya akan menambah banyaknya sampah hasil sisanya.

2. Pembuangan Limbah
Cara yang paling umum dilakukan untuk menangani limbah adalah membuangnya ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang jauh dari pemukiman, sehingga tidak mengganggu kesehatan masyarakat disekitarnya. cara ini adalah cara paling lama atau tertua yang dilakukan oleh banyak negara didunia, dan masih dilakukan hingga sekarang.

3. Pengurangan Limbah
Pengurangan limbah dapat dilakukan dengan hal kecil, seperti mengurangi pemakaian botol air minum dan penggunaan kantong kresek sebagai alat untuk wadah barang-barang belanjaan.

Karakteristik limbah

– Berukuran mikro
Limbah berukuran mikro adalah limbah yang berukuran kecil dan tidak bias terlihat, contohnya adalah bahan-bahan kimian yang sudah tidak terpakai dan dibuang begitu saja tidak sesuai dengan prosedur.

– Berdampak luas
Luasnya dampak yang ditumbulkan, karena tidak dirasakan langsung, tapi berkesinambungan. oleh limbah merupakan efek dari limbah berukuran kecil dan bias oleh mata atau limbah mikro.

– Dinamis
Dinamis disini adalah, pencemaran limbah tidak dalam waktu singkat namun secara perlahan dan berkala, namun lama kelamaan akan meluas dan mengakibatkan pencemaran yang cukup fatal.

– Berdampak jangka panjang
Maskudnya disini adalah, dampak yang ditimbulkan oleh limbah terutama limbah kimia tidak sekedar berdampak pada orang yang terkena, tetapi dapat mengakibatkan generasinya mengalami hal serupa dan ikut merasakanya.

Orang juga bertanya :

Apa yang dimaksud limbah dan bahan limbah?
Apa yang dimaksud dengan limbah secara umum?
Jelaskan apa yang dimaksud dengan limbah lunak?
Apa yang dimaksud dengan pengelolaan limbah?

SumberĀ  : https://ngelag.com/

Wardan Pendidikan