Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

Saat ini software open source menjadi paradigma yang banyak dielu-elukan. Produk-produknya pun bervariasi mulai dari aplikasi sederhana sampai sistem operasi. perkembangan software open source yang begitu gencar ini memungkinkan setiap orang boleh mengambil source code-nya. Siapapun bisa tau persis aplikasi atau sistem operasi tersebut dengan jelas.

Kita dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi karena open source merupakan sebuah sistem dalam mendistribusikan software kepada pengguna dengan memberikan program dan source code-nya secara gratis. Bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk software tersebut sesuai dengan kebutuannya.

Menggunakan software open source memiliki beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari sisi pengguna dan dari sisi developer.

Keuntungan dari sisi pengguna meliputi :

· Gratis.

· Pengguna dapat terlibat dalam pengembangan program karena memiliki source code-nya.

· Respon yang baik dari pemakai sehingga bug dapat ditemukan dan diperbaiki dengan lebih cepat.

Keuntungan dari sisi developer meliputi :

· Seluruh komunitas mau dan dapat membantu untuk membuat software kita menjadi lebih baik.

· Tidak ada biaya iklan dan perawatan program.

· Sebagai sara untuk memperkenalkan konsep kita.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, menggunakan software open source juga memiliki beberapa kerugian, antara lain :

· Tidak ada garansi dari pengembangan

Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

· Masalah yang berhubungan dengan intelektual property

Pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatenkan. hal ini sangat sulit diketahui jika beberapa metode utama untuk menyelesaikan masalah software dipatenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.

· kesulitan dalam mengetahui status project

Tidak banyak iklan bagi software open souurce, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan marketing.

Baca Juga :

Wardan Pendidikan