Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Serta Manfaat Dan Jenisnya

Pengertian Ekologi

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

1. Miller
Menurut beliau ekologi merupakan studi tentang hubungan timbal balik antara orgenisme serta sesamanya dan juga lingkunganya.

2. Resosoedarmo
Menurut resosoedarmo ekologi adalah suatu studi yang mempelajari tentang interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkunganya.

3. Andrewartha
Menurut beliau ekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

4. Krebsekologi
Menurut krebsekologi, ekologi merupakan suatu studi pengetahuan yang membahas suau hubungan menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

5. Eugene P. Odum
Menurut eugene p. odum, ekologi adalah suatu kejian tersetrukur serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga interaksi diantara sesama orgenisme dengan lingkunganya.

Manfaat Ekologi Bagi Kehidupan

– Dapat membuat kita mengenal lebih banyak keanekaragaman hayati.
– Dapat membuat kita mengenal lebih jauh makhluk hidup.
– Dapat membantu memecahkan masalah pangan.
– Dapat Membantu memecahkan masalah energi.
– Dapat membantu memecahkan masalah kesehatan.
– Dapat membuat proses indutri yang lebih maju.

Jenis-Jenis Ekologi

Ekologi Hutan
Ekologi hutan merupakan studi yang mempelajari ataupun meneliti interaksi antara makhluk hiudup dengan lingkunganya yaitu didalam hutan.

Ekologi Laut
Ekologi laut adalah studi yang mempelajari tentang ekosistem air laut. ekologi ini dibedakan atas lautan, pantai, terumbu karang dan padang lamun.

Ekologi Estuari
Ekologi estuari atau muara merupakan tempat bertemunya antara sungai dan air laut. estuari sering dibatasi lempengan lumpur yang luas, nutrien didalam sungai yang masuk kelaut akan memperkaya estuari.

Ekologi Padang Lamun

Lamu pada umumnya membentuk padang lamun yang sangat luas didasar laut yang masih bisa dijangkau oleh cahaya matahari yang memenuhi bagi pertumbuhanya. lamun sendiri hidup diperairan dangkal kedalaman antara 2 sampai 12 meter. lamun akan tumbuh dengan baik jika terkenal sirkulasi udara dan cahaya matahari dan air yang cukup.

 

Artikel terkait :

Wardan Pendidikan