Pengertian Konstitusi Negara Menurut Ahli dalam Bukunya

Pengertian Konstitusi Negara Menurut Ahli dalam Bukunya

Berikut ini beberapa Pengertian Konstitusi Negara Menurut Ahli:

Pengertian Konstitusi  Menurut KC Wheare

konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraan dari suatu Negara berupa kumpulan peraturan-peraturan yang membentuk, mengatur atau memerintah dalam pemerintahan suatu Negara. Peraturan disini merupakan gabungan antara ketentuan-ketentuan yang memiliki sifat hukum (legal) dan yang tidak memiliki sifat hukum (non legal).

Pengertian Konstitusi  Menurut  C.F. Strong

konstitusi memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik dan hukum, untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuannya dalam bentuk Negara;

Pengertian Konstitusi  Menurut James Bryce

konstitusi adalah suatu kerangka masyarakat politik (Negara) yang diorganisir dengan dan melalui hukum. Dengan kata lain, hukum menetapkan adanya lembaga-lembaga permanen dengan fungsi yang telah diakui dan hak-hak yang telah ditetapkan.

Pengertian konstitusi menurut Lasalle

konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat di dalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata di dalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang, partai politik

Pengertian konstitusi menurut Herman heller

konstitusi mempunyai arti luas daripada uud. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tettapi juga sosiologis dan politis.

Pengertian konstitusi menurut L.j Van Apeldoorn

konstitusi memuat baik peraturan tertulis maupun peraturan tak tertulis.

Pengertian konstitusi menurut Koernimanto soetopawiro

konstitusi berasal dari bahasa latin cisme yang berarati bewrsama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama.

Sumber:

https://balad.org/

Wardan Pendidikan