Table of Contents

Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu perbuatan dan usaha untuk meningkatkan pribadi dengan jalan membimbing potensi prbadinya, yaitu rohani dan jasmani. Pengertian Pendidikan adalah : “Usaha dasar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi perananya dimasa yang akan datang”. (Undang-undang RI no. 2, 1989:1). Sehubungan denga uraian di atas salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas manusia adalah melalui pendidikan.

Bagi bangsa dan negara Indonesia yang berdasrkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, kualitas intelektual dan phisik semata,, namun juga dari berbagai aspek didalamnya termasuk aspek moral. Karena itu Pendidikan Nasional di Indonesia diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Dalam GBHN tahun 1999 dijelaskan bahwa ; “Pendidikan Nasional bertujuan meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri maju, tangguh, beretos kerja, cerdas, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada bangsa dan sikap mengahargai Pahlawan serta berorientasi masa depan”. (GBHN, 1999:27).

Tujuan pendidikan ialah memajukan seluruh aspek kepribadian peserta didik sebagai sarana dan pembinaan dengan harapan terlahirnya manusia yang mampu membangun masa depan Indonesia sesuai dengan tuntutan zaman yaitu terciptanya Indonesia baru bisa bersaing dalam era globalisasi, untuk itu Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang berkwalitas serta dapat menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan. Pada hakekatnya pendidikan adalah :

  1. Upaya membantu si terdidik agar seluruh potensinya yang dimilikinya dapat berkembang secara optimal.
  2. Pendidikan berlangsung dalam pergaulan atau interaksi antara si terdidik dan pendidik.

Dengan demikian penulis dapat mengambil suatu rumusan bahwa pendidikan adalah aktivitas dan usaha untuk meningkatkan pribadinya dengan jalan membina potensi jasmani. Kesimpulan terakhir pendidikan, merupakan serangkaian kegiatan komunikasi dan pertemuan manusia dan anak didik cara tatap muka atau menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap pengembangan potensi semaksimal mungkin agar menjadi manusia yang bertanggung jawab dan menjadi manusia yang berguna untuk keluarga, masyarakat bangsa dan negara.

Sumber : https://www.anythingbutipod.com/

Wardan Pendidikan