PPDB 2018 KOTA HUJAN TERAPKAN SISTEM ZONASI

PPDB 2018 KOTA HUJAN TERAPKAN SISTEM ZONASI

Dinas Pendidikan Kota Bogor akan menerapkan sistem ‘zonasi’ dalam penerimaan peserta didik baru

(PPDB), dalam jenjang pendidikan SD/SMP Negeri tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini bertujuan untuk menghapus perspektif favoritisme sekolah di masyarakat, dan mengatasi persoalan ketimpangan kualitas pendidikan. Tidak hanya itu saja, penerapan sistem zonasi ini juga untuk melakukan pemerataan kualitas pendidikan.

“Kota Bogor berencana untuk menerapkan sistem zonasi dalam PPDB

, tapi hal itu masih dalam kajian yang mendalam,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Program dan Pelaporan Disdik Kota Bogor Jajang Koswara saat ditemui Metropolitan di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, rencana ini dalam tahap perencanaan dan baru dibahas di tingkat SMP Negeri. Dan sedang disosialisasikan pada tingkat operator sekolah menengah pertama.

“Kalau format rancangannya disetujui, baru kita sosialisasikan ke sekolah-sekolah negeri maupun masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemerhati Pendidikan Pandi Santoso mendukung rencana Pemerintah Kota Bogor

dalam menerapkan sistem zonasi yang telah diatur dalam Permendikbud No 17 tahun 2017, tentang PPDB.

“Kalau saya menilai, sistem zonasi itu cukup baik, apalagi untuk mengatasi persoalan ketimpangan kualitas pendidikan serta sebagai sistem yang tepat untuk menghapus perspektif favoritisme sekolah di masyarakat,” bebernya

Namun, tambah Pandi, penentuan zona diserahkan sepenuhnya kepada sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Pasalnya, kepadatan penduduk di setiap wilayah sangat beragam.

“Semoga semua sekolah serius dalam menerapkan sistem zonasi, agar kualitas pendidikan nasional semakin baik tanpa diskriminasi,” tukasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SFQVB5M

Wardan Pendidikan