Prinsip, Tindakan dan Motif Ekonomi

Prinsip, Tindakan dan Motif Ekonomi

Kita sering mendengar tiga istilah ekonomi

tentang tindakan, prinsip dan motif ekonomi. Sebenarnya apa perbedaan dari ketiga istilah tersebut? Untuk mengetahui jawaban pertanyaan tersebut maka silahkan pahami artikel ini dengan baik. Pertama kita pahami dulu istilah yang pertama dari ketiga istilah di atas yaitu istilah tindakan ekonomi. Segala tingkah laku atau kegiatan manusia dalam memilih penggunaan barang maupun jasa dari beberapa kemungkinan yang dihadapi dinamakan tindakan ekonomi. Sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan yang tak terbatas, maka setiap manusia diharapkan dapat melakukan tindakan ekonomi yang tepat. Dalam melakukan tindakan ekonomi ketika memilih barang maupun jasa, maka manusia semagai mahluk ekonomi harus mempertimbangkan skala prioritas. Skala prioritas yang dimaksud disini adalah pemilihan barang atau jasa yang mempunyai tingkat keungtungan atau kepentingan yang paling tinggi diantara beberapa pilihan lainnya.

Bagaimana caranya agar kita

dapat memilih barang atau jasa yang paling menguntungkan? Untuk memilih barang dan jasa yang tepat atau paling menguntungkan maka, ketika melakukan tindakan ekonomi kita harus dilandasi dengan prinsip-prinsip tertentu. Prinsip yang dimaksud disini adalah prinsip ekonomi.

Prinsip ekonomi berdasarkan ilmu ekonomi diartikan sebagai segala bentuk usaha dengan memanfaatkan sumber daya atau sarana yang terbatas  untuk memperoleh hasil yang maksimal atau dapat juga dimaknai sebagai usaha untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya atau sarana yang relatif kecil.

Prinsip ekonomi

merupakan sebuah prinsip yang wajib dipahami dan diterapkan dalam melakukan kegiatan ekonomi, mengapa? Hal ini karena barang dan jasa yang tersedia dibumi ini bersifat langka.

Kelangkaan yang terjadi pada barang dan jasa mengakibatkan manusia harus mengeluarkan pengorbanan dalam memenuhi kebutuhannya, pengorbanan yang dikeluarkan manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan atau dalam rangkan memanfaatkan peluang yang ada diusahakan dalam jumlah yang kecil atau seminim mungkin sehingga dapat mencapai keuntungan yang diharapkan.

Setelah anda paham dengan tindakan ekonomi dan prinsip ekonomi, sekarang kita pahami motif ekonomi. Ayah anda atau ibu anda atau mungkin anda sendiri bekerja setiap hari kecuali hari libur.

Pertanyaan saya mengapa ayah anda bekerja? Bukannya bekerja itu melelahkan? Jawabnya adalah karna ayah anda mempunyai suatu motif, dalam ilmu ekonomi disebut motif ekonomi.

Motif ekonomi

adalah adalah alasan yang menjadi faktor pendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi. Misalnya ayah anda bekerja hal ini didorong oleh alasan yang kuat untuk mencukupi kebutuhan hidup dan kesejahteraan keluarga.

Dengan demikian keinginan untuk mencukupi kebutuhan hidup merupakan salah satu motif ekonomi. Motif ekonomi mempunyai beberapa cakupan diantaranya, motif pemenuhan kebutuhan,motif meraih kemakmuran, motif memperoleh kekuasaan ekonomi, motif meraih keuntungan dalam segi ekonomi (laba).

Sedangkan motif non ekonomi diantaranya terdiri dari motif memperoleh penghargaan dan motif melakukan kegiatan sosial.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

Wardan Pendidikan