Semarak Pesta Literasi Anak Indonesia di SD Marsudirini dan Solo Paragon

Semarak Pesta Literasi Anak Indonesia di SD Marsudirini dan Solo Paragon

Yayasan Marsudirini Perwakilan Surakarta bakal menggelar serangkaian

acara dalam rangka peringatan 64 tahun (Tumbuk Ageng) Yayasan Marsudirini.
Menurut Ketua Panitia, Maria Irena Hendriyanti, acara yang mengusung tema besar “Literasi Pererat Bhinneka Negeri” tersebut akan berlangsung beberapa hari yakni tanggal 13 Oktober yang berlangsung di kompleks SD Marsudirini Surakarta, serta tanggal 23 dan 24 Oktober yang bertempat di Grand Atrium Solo Paragon Mall.
Berbagai lomba akan digelar, baik untuk anak-anak TK, Guru maupun orang tua murid. Ada pula lomba mendongeng bagi guru KB/TK untuk umum dan lomba mendongeng untuk orangtua murid KB/TK Marsudirini.

“Lomba mendongeng di zaman sekarang penting, terutama

untuk mengalihkan anak-anak, yang hampir seluruh perhatiannya tersedot arus milenial dalam wujud gadget. Membaca, menulis dan mendongeng adalah formula yang tepat untuk menetralisir pengaruh buruk digilatilsasi,” ujarnya.
Di di samping itu, akan digelar pula seminar literasi yang mengusung tema “Menghidupkan Literasi di Tengah Ancaman Cyber Parenting”.
Akan hadir menjadi pembicara seorang guru, penulis dan penulis buku best seller “Guru Gokil Murid Unyu”, J Sumardianta serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Solo, Dra Sis Ismiyati, MM.

Kegiatan tersebut, ujar Maria, terselengara dengan dukungan kerja sama dari Dinas Arpusda Kota Solo.

“Baik di kompleks sekolah 13 Oktober dan di Solo Paragon tanggal 23 dan 24 Oktober, akan hadir dua mobil perpustakaan keliling guna melayani pengunjung,” bebernya.
Sementara itu Wakil Ketua Panitia, drg Leoni Agustin Wulansari menambahkan, salah satu kegiatan di sekolah adalah Open Library. Dalam kegiatan itu, perpusatakaan sekolah akan disulap menjadi tempat yang lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi.
“Sinergi dengan ini, dua mobil Perpustakaan Arpusda akan stand by di luar ruang perpus,” ujarnya.
Selain itu, masih banyak kegiatan lain yang bakal digelar, di antaranya lomba menulis cerita, kantin sehat, lomba gerak dan lagu daerah, one fun day with english dan lomba yel-yel bhinneka tunggal ika.
“Tanggal 24 Oktober akan dilakukan launching SD Marsudirini sebagai sekolah literasi oleh Bapak Walikota Solo,” lanjut Maria Irena

 

Sumber :

http://usgsprojects.org/kisah-syaikh-abdul-qadir-jailani/

Wardan Pendidikan