Siapkan Pelatihan Kerja, untuk Kompetensi

Siapkan Pelatihan Kerja, untuk Kompetensi

NGAMPRAH – Untuk mendorong kemajuan dunia usaha skala kecil dan mikro,

Pemkab Bandung Barat kedepan akan menyiapkan program yang dapat memajukan pelaku usaha.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Iing Solihin mengatakan, program akan dibuat dalam bentuk pembinaan dan pelatihan untuk para wirausahawan agar bisa berkembang.

“Seorang pelaku usaha itu harus memiliki kemandirian dan ini yang akan kita tanamkan,”jelas Iing ketika ditemui kemarin (2/11)

Iing mengaku, sebetulnya program pelatihan sudah dijalankan setiap tahunnya dan menjadi program khusus bagi para pelaku usahawan. Namun, cara ini akan terus dilakukan agar masyarakat memiliki keterampilan dalam berwirausaha.

Dalam melaksanakan pelatihan pihaknya bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan

(LKP) setempat. Sehingga, harapannya ketika mereka telah melakukan pendidikan, telah siap untuk menyongsong dunia kerja sebagai wirausahawan.

Asep memaparkan, cara ini sebagai perwujudan dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam kaitannya meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Bandung Barat.

Selain itu, salah satu kewajiban pemerintah terhadap masyarakat antara lain mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran.

Iing mengakui, angka pengguran di KBB sendiri saat ini semakin meningkat. Hal ini seiring dengan banyaknya lulusan SMA yang tidak memiliki keterampilan. Bahkan, ditambah dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sejumlah industri.

Untuk itu, melalui pelatihan seperti itu, dia meyakini bisa memberikan nilai tambah dari segi

keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sehingga memiliki kompetensi dalam bidangnya.

Iing menambahkan, untuk peluang mendapatkan pekerjaan saat ini, kian hari kian terbatas. Terlebih, tingkat persaingan dunia kerja semakin ketat.

Namun, dengan menunjukkan kompetensi yang kuat, maka seseorang akan berhasil menjadikan pemenangnya dalam sebuah kompetisi.

“Untuk itu, kita harus bisa bersaing di tengah-tengah keterbatasan lapangan kerja. Tapi saya kira dengan modal sabar, jujur dan tawakal, Insya Allah bisa mencapai kesuksesan,” pungkas Iing.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/

Wardan Pendidikan