Table of Contents

Siklus Penjualan

Siklus Penjualan
Siklus Penjualan
  • ¬†Definisi Siklus Penjualan
Siklus penjualan adalah urutan kegiatan sejak diterimanya pesanan dari pembeli, pengiriman barang, pembuatan faktur (penagihan) dan pencatatan penjualan.
  • Berikut Merupakan Prosedur dari Penjualan:
  1. Customer dapat mencari buku sendiri atau memesan karena buku tidak tersedia, jika memesan maka customer membuat daftar pesanan yang akan diterima oleh customer service. Jika mencari buku sendiri maka customer mengecek buku tersebut jika sesuai akan dibawa ke kasir.
  2. Customer service menerima daftar pesanan dari customer membuat faktur lunas dan mengirimkannya ke customer
  3. Customer menerima faktur pemesanan dan melakukan pembayaran
  4. Setelah menerima pembayaran customer service membuat tanda terima rangkap 2. Lembar 1 diberikan kepada customer sedangkan lembar kedua disimpan sebagai arsip.
  5. Kasir menerima buku dari customer lalu menyakan apakah tunai atau non tunai. Jika tunai maka kasir membuat nota yang diberikan kepada customer. Jika non tunai kasir akan membuat slip cc(credit card) rangkap 2. Lebar 1 dikirim bersama buku ke customer. lembar kedua akan dibuat sebagai dasar untuk membuat laporan penjualan non tunai rangkap 2. Laporan penjualan non tunai rangkap 2, lembar 1 kan dikirim ke bagian keuangan seda ngkan lembar kedua sebagai arsip.
  6. Jika tunai, setelah menerima nota customer melakukan pembayaran kepada kasir. Jika non tunai maka customer menerima buku dan slip cc dari kasir.
  7. Setelah menerima pembayaran dari customer, maka kasir kan membuat nota lunas rangkap 2 . Lembar 1 akan dikirim bersama buku kepada customer, lembar kedua akan dibuat sebagai dasar untuk membuat laporan penjualan tunai rangkap 2. Laporan penjualan lembar 1 akan dikirim ke bagian keuangan sedangkan lembar kedua akan disimpan sebagai arsip.
  8. Bagian keuangan menerima laporan penjualan tunai dan laporan penjualan non tunai yang kan digunakan sebagai dasar dalam membuat laporan penjualan rangkap 2,lembar kedua akan dikirim ke pemimpin lembar 1 kan disimpan sebagai arsip.

Sumber : https://intergalactictravelbureau.com/

Wardan Pendidikan