SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi Pamerkan Hasil Karya Siswa

SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi Pamerkan Hasil Karya Siswa

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gunungguruh Sukabumi tampilkan hasil karya siswa-siswanya

berupa gambar bangunan miniatur bergerak, maket bangunan minimalis, dan maket bangunan bentuk 3 dimensi. Beberapa karya tersebut bahkan pernah menjadi pilihan di beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy mengatakan hal ini cukup ironis terhadap jurusan mesin yang masih menggunakan alat sederhana tetapi mereka sudah bisa menghasilkan. Bahkan, menjalin kerja sama dengan perusahan-perusahaan internasional.

“Apabila mesinnya tidak berfungsi maka akan memperlambat pekerjaan padahal setiap pekerjaan

harus cepat salah satunya dengan mendatangkan mesin canggih,” katanya, pada Jumat (22/3/2019).

Ketua Program Studi Bangunan, Sunardi mengatakan di pameran ini kami membantu pengunjung melihat produk 3D Max dalam bentuk Autoket dari komputer. Sedangkan jurusan teknik komputer jaringan menampilkan perangkat simulasi komputer yang sudah dilepas dan dirangkai kembali, sehingga terlihat komponen-komponennya dan bisa digunakan.

“Bentuk inilah yang bisa mewakili komputer biasa apabila dibongkar bentuknya akan seperti yang dipamerkan

. Selain itu, anak-anak bisa mengetahui bagaimana bentuk aslinya dari komputer sebelum lengkap seperti sekarang,” ujarnya.

Di SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi, sebagian siswa-siswa yang menjalankan Praktik Kerja Lapangan (PKL) diwajibkan untuk membuat produk di tempatnya dan bisa disampaikan setelah usai PKL. Sekolah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, khususnya untuk PKL. Dengan demikian, perusahaan bisa memilih siswa PKL yang mumpuni untuk bekerja di perusahaan.

Sebagai informasi, prestasi yang pernah diraih oleh SMKN 1 Gunungguruh adalah Lomba Kompetensi Nasional tingkat Provinsi dengan memdapatkan Peringkat ketiga serta juara 1 pembuat kusen. Selain dilatih rutin, mereka juga menerima pesanan dari berbagai perusahaan.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/

Wardan Pendidikan