Taman Nasional Ini Ajak Traveler Berteman dengan Kegelapan

Taman Nasional Ini Ajak Traveler Berteman dengan Kegelapan

Sebagian besar wilayah di Indonesia

mengalami mati listrik masal kemarin Minggu (4/8). Namun, di taman nasional ini traveler tak perlu takut dengan kegelapan.

Adalah Pegunungan Hehuan di Taman Nasional Taroko, Taiwan, yang menerapkan ide tersebut. Oleh pihak setempat, taman nasional itu memang didesain untuk menjadi taman langit gelap pertama di Taiwan atau yang disebut dengan dark sky park.

Dilihat detikcom dari situs resmi asosiasi internasional Dark Sky (IDA), Senin (5/8/2019), upaya itu dilakukan untuk melindungi suasana taman nasional yang kondusif di malam hari.

Untuk informasi, taman langit gelap merupakan sebutan untuk area konservasi alam yang diimplementasikan untuk pencahayaan outdoor yang baik serta menghadirkan langit gelap untuk para pengunjung menurut asosiasi IDA.

Selain dari pihak asosiasi

kelompok LSM lokal yang bernama Taiwan Dark Sky Protection Alliance juga telah menyuarakan program Hehuan Mountain Dark Sky Park (HMDSP) sejak 2014 silam.

Setelah mengirimkan proposal kepada asosiasi IDA tahun 2018, pihak pemerintah setempat akhirnya mendapat persetujuan dari asosiasi pada Minggu pekan lalu (28/7).

Diucapkan oleh Kepala Pariwisata Nantou

Lee meng-chen, persetujuan tersebut merupakan awal. Ke depannya, pihak Nantou berencana untuk menjadikannya sebagai program wisata Taiwan.

Menseriusi hal tersebut, pihak pemerintah lokal tengah berusaha menggandeng pihak pengelola hotel dan warga setempat untuk mengurangi polusi cahaya seminimal mungkin.

Menurut data dari asosiasi IDA, Hehuan Mountain Dark Sky Park menjadi tempat ketiga di dunia yang menerapkan konsep langit gelap di Asia setelah Iriomote Ishigaki di Jepang dan Yeongyang Firefly Eco Park di Korea Selatan seperti diberitakan Focus Taiwan.


Baca Artikel Lainnya:

Wardan Umum