Table of Contents

Usaha Kesehatan Sekolah

Usaha Kesehatan Sekolah

.      Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah

Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah diterangkan dalam UU no 9 tahun 1980, ”Usaha kesehatan sekolah ialah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya”. (UU no 9-1980:13)

Sebagai sasaran ialah masyarakat sekolah, yang terdiri dari anak para guru dan petugas sekolah lainnya. Yang dimaksud sekolah ialah semua sekolah dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), sedangkan pelaksanaannya diprioritas pada sekolah dasar mengingat bahwa sekolah dasar merupakan dasar dari sekolah lanjutan, namun juga tidak mengabaikan pelaksanaan pada sekolah lanjutan.

  1. Dasar Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah
  2. Ketetapan MPR Nomor IV / MPR / 1999, tentang GBHN dibidang kesehatan bahwa perbaikan kesehatan rakyat dilakukan secara prevensif dan kuratif dengan pendekatan layanan kesehatan pada rakyat. Usaha perbaikan terutama ditujukan kepada peningkatan pemberantasan penyakit menular dan penyakit rakyat, peningkatan keadaan gizi rakyat, peningkatan keadaan air minum, peningkatan sanitasi air minum, perlindungan.
  3. Undang-undang nomor 9 tahun 1980 tentang Pokok-pokok Kesehatan

Ø  Bab I pasal 3 bahwa pertumbuhan anak yang sesuai dalam lingkungan hidup yang sehat adalah penting untuk mencapai generasi yang sehat, dan bangsa yang kuat. Pengertian dan kesadaran masyarakat tentang memelihara dan perlindungan kesehatan adalah sangat penting untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Ø  Bab I pasal 9 bahwa pemerintah mengadakan usaha-usaha khusus untuk kesehatan keturunan dan pertumbuhan anak yang sempurna baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat remaja dan keolahragaan.

  1. Sekolah merupakan lembaga yang dengan sengaja dihidupkan untuk mempertinggi derajat bangsa dalam segala aspek.
  2. Usaha Kesehatan sekolah melalui masyarakat sekolah mempunyai kemungkinan yang lebih efktif diantara beberapa usaha yang ada, untuk mencapai kebiasaan hidup sehat dari masyarakat pada umumnya, karena masyarakat sekolah merupakan masyarakat yang terorraniser, sehingga mudah dicapai dalam rangka pelaksanaan Usaha Kesehatan Masyarakat dan anak lebih peka terhadap pendidikan di sekolah, bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat dan tanah air.
  3. Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah

Tujuan dari pada Usaha Kesehatan Sekolah antara lain siswa mencapai kesehatan sebaik-baiknya dengan cara :

  1. Menanamkan sikap dan kebiasaan anak didik untuk hidup sesuai dengan norma-norma kesehatan.
  2. Membina anak didik untuk memperoleh kesehatan jasmani dan rohani serta sosial menuju pembentukan manusia seutuhnya.

Dengan penanaman dan pembinaan diatas diharapkan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya, dan anak didik mampu merintis jalan untuk menuju keluarga sejahtera dan bahagia.Dan anak mempunyai kesempatan tumbuh dan berkembang, belajar secara harmonis, efisien dan optimal.

  1. Program Usaha Kesehatan Sekolah

Program Usaha Kesehatan ditujukan pada keadaan fisik sekolah meliputi fasilitas-fasilitas yang mendukung pada proses belajar mengajar.

Sumber : https://merkbagus.id/

Wardan Pendidikan